0

Makna Sukses

Perubahan kearah yang baik adalah menuju kesuksesan yang merupakan dambaan setiap orang, namun ada kalanya tidak semua perubahan itu berjalan dengan mulus seperti apa yang dicita-citakan oleh setiap orang. Setiap kesuksesan yang terjadi pastilah diawali dengan kegagalan dan rintangan yang dihadapi yang semua itu adalah cobaan-cobaan agar orang tersebut sudah tahan dengan kegagalan tersebut.
Makna dari sukses itu adalah suatu impian atau tujuan yang kita inginkan telah tercapai dengan usaha dan kerja keras yang dijalani dalam hidupnya dalam mencapai kesuksesan dan keinginan tersebut berupa hal yang positif baik untuk diri sendiri dan orang lain dan bisa disebut sukses apabila kesuksesan itu bermanfaat bagi orang lain disekitar kita, kesuksesan itu tidak hanya berupa materi, tapi kesuksesan itu bisa berupa non materi. Tidak hanya dari pengertian itu saja makna dari kata sukses, semua orang pasti mempunyai pengertian dan pendapat yang berbeda-beda. Ada yang berpendapat bahwa sukses itu berawal dari mimpi, sukses itu selalu bermula dari proses belajar, sukses itu pengembangan diri yang bisa diumpamakan “Tiada kesuksesan tanpa melalui proses pengembangan potensi diri”, sukses itu adalah proses bukan hasil, sukses itu sebuah perjalanan bukan tujuan, sukses adalah penggunaan maksimal segenap potensi, bakat dan kemampuan, sukses itu cukup sedikit diatas rata-rata dan masih banyak pendapat lainnya. Jadi apapun arti sukses menurut pendapat orang yang berbeda-beda, yang jelas sukses yang ditetapkan dan akan diraih haruslah memiliki nilai dan berkah serta manfaat ke sebanyak mungkin orang. Karena jika tidak, maka sukses yang diraih hanya akan menjadi bumerang jika tidak dibarengi dengan pengembangan diri yang terus menerus.
Adapun makna kata sukses adalah apabila seseorang dapat menggapai cita-citanya, tidak harus ilmu atau pun yang berhubungan dengan harta, tapi bisa juga yang lainnya, seperti: kita dapat menggapai cita-cita kita untuk membahagiakan orang tua. Seseorang dapat dikatakan sukses bila dia dapat berguna bagi orang lain, bila dia dapat membahagiakan orang lain, tidak egois, mempunyai jiwa sosial yang tinggi pula, dan jika berpikir lebih dalam lagi makna sukses sebenarnya adalah jika pemahaman tentang sukses oleh diri kita dengan kehendak Allah telah seiring dan sejalan, orang yang menerima hidup apa adanya, menerima segala tantangan, kokoh pada prinsipnya, mampu beradaptasi, maka hendaknya kesuksesan itu bukanlah sesuatu yang hanya bersifat pada duniawi saja, tetapi harus juga menyertakan aspek surgawi dalam membuat ukuran satu kesuksesan dan hingga pada akhirnya ia meraih kesuksesan dari semua itu dapat disebut juga sebagai orang yang sukses, walaupun mungkin kenyataan yang diperoleh justru malah sebaliknya (gagal, walaupun sudah berusaha) ia juga dapat dikatakan sebagai orang yang sukses atau mungkin lebih tepatnya adalah pribadi yang sukses.
Dari makna sukses pun ada hal negatif dan hal positif, berikut beberapa hal negatif akibat dari kesuksesan yaitu lupa akan jasa-jasa yang pernah membantu mereka dalam mencapai kesuksesan, lupa akan sang pencipta yaitu Allah dalam bersyukur atas impian dan tujuannya yang telah tercapai, kesuksesannya tidak bermanfaat atau tidak dapat membantu orang lain melainkan hanya untuk kepuasan diri sendiri, dan lain-lain. Adapun hal positif kesuksesan yaitu bersyukur atas apa yang dicapai dalam menggapai impian dan tujuan hidupnya kepada sang pencipta, kesuksesan tersebut dapat membantu orang lain sehingga bermanfaat dan lain-lain. Menggapai kesuksesan itu memerlukan kesabaran dan perjuangan beserta doa, menggapai sukses itu harus baik dipandang orang lain maupun Allah, sehingga timbul kejujuran dalam menggapai tujuan yang diinginkan, maka tidak ada kata putus asa dalam meraih kesuksesan.

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top