0

Sejarah dan Perkembangan Komputer

Sebelum tahun 1940
jadi dari dulu tuh manusia ngolah data sendiri dan pada akhirnya manusia itu menemukan alat mekanik dan elektronik buat ngitung dan ngolah data, supaya hasilnya lebih cepat. Nah komputer yang kita pake sekarang ini tuh berasal dari penemuan manusia manusia terdahulu yang berupa alat mekanik dan elektronik.
Saat ini
sekarang tuh komputer udah jadi aspek kehidupan yang bukan lagi cuma bisa ngitung doang, sekarang pemanfaatan komputer tuh jauh lebih modern di banding dulu, seperti sekarang tuh komputer udah bisa main game, nonton video, nyetel lagu, download dan upload segala macem dah lewat sambungan internet tapinya yah :D dll dah
dari jaman purba sampe sekarang alat pengolahan data ada 4 golongan nih ya, apa aja?? cekidot..
1. Peralatan Manual --> peralatan sederhana yang benar benar sederhana karna faktor terpenting di alat ini tuh masih lebih dominan menggunakan tenaga manusianya yah,
2. Peralatan Mekanik --> peralatan yang masih sederhana juga nih, jadi masih dioperasikan secara manual dengan tangan manusia jadinya, so, belum modern modern bgt
3. Peralatan Mekanik Elektronik --> nah peralatan ini nih yang udah mulai modern, karna apa?? ya karna peralatan mekanik elektronik ini tuh udah digerakan secara otomatis dengan mesin, jadi ga perlu lagi deh tuh manusia repot repot ngeluarin tenaga banyak buat ngitung dan ngolah data doang
4. Peralatan Elektronik --> ini nih alat yang paling modern sekarang jadi semua nya udah dilakukan secara otomatis sama mesinnya, good :D
nah ini beberapa alat hitung sebelum ditemukannya komputer, oke langsung aja!

1. Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia, kecil dan masih digunakan di beberapa
tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. nih gambarnya gue tunjukin kalo penasaran kaya apa bentuknya.



2. Kalkulator Roda Numeriks
ampe hampir 12 abad, muncul lg nih penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada
tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu tuh masih berumur 18 tahun,
menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik buat ngebantuin bapaknya ngitung pajak. nih gambarnya.

Kotak persegi kuningan ini yang namanya Pascaline, make delapan roda
putar bergerigi buat ngejumlahin bilangan hingga delapan digit. Alat ini
merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. ada kelemahannya nih, nah Kelemahan alat ini adalah
hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.


3. Kalkulator Roda Numeriks 2
Tahun 1694, ada seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von
Leibniz (1646-1716) yang memperbaiki alat itung yg namanya Pascaline td dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama kaya pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan
menggunakan roda-roda gerigi. Dengan melajarin catatan dan gambar-gambar
yang dibuat oleh Pascal,  Leibniz dapat menyempurnakan alat yang bernama Pascaline tersebut. nah ini gambarnya juga

4. Kalkulator Mekanikakhirnya Charles Xavier Thomas de Colmar nemuin mesin yang bisa ngelakuin empat fungsi aritmatik dasar, karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak digunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz kalkulator mekanik terdahulu yg lebih sederhana, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal. waw!

Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, yang bernama Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage merhatiin kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika, nah mesin mekanik itu sangat baik buat ngerjain tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan, sedangkan ilmu matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika si Babbege itu ngusulin suatu mesin buat ngelakuin perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. mesin itu make tenaga uap loh, mesin itu juga bisa nyimpen program dan bisa melakukan kalkulasi juga nyetak hasilnya secara otomatis.

Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tibatiba
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) juga memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu ngerevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama, hebatnya lagi nih ya Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.

nah selanjutnya nih pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga nerapin prinsip kartu perforasi buat ngelakuin penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 ngebutuhin waktu tujuh tahun buat nyelesein perhitungannya. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. jadi lama juga buat nyari cara yang lebih cepet buat ngitung atau ngolah data sampe 10 tahun.

Pada masa berikutnya lg nih, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) misalnya, ia ngebuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin itu tuh sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan, lumayan lengkap, pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba buat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematika bisa dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.



nah setelah tahun 1940 nih dimulainya generasi komputer dan dibagi menjadi 5 generasi nih, yaitu:
1. Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses
dan bisa juga buat ngimpan data. tetapi ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu
beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer.
Ia juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di
kawasan sekitarnya, jadi di komputer generas pertama ini tuh masih terlalu banyak dampak negatifnya buat kehidupan. nah ini beberapa komputer yg keluar pada masa komputer generasi pertama
a. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator ) <-- dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946, sudah bisa menyimpan data yang dikemukakan oleh John Von
Neuman.
b. EDVAC Computer (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) <-- komputer ini udah ngurangin tabung vakum, jadi lebih cepat proses pengolahan datanya dibanding ENIAC.
c. EDSAC Computer ( Electonic Delay Storage Automatic Calculator ) <-- memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung buat nyimpan data.
d. UNIVAC 1 Computer (Universal
Automatic Calculator )
<-- Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1  komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

2. Komputer Generasi Kedua (1959 -1964)
Jaman ini dimulai dengan pemakaian transistor dan dioda sebagai pengganti dari tube vakum sehingga sizenya lebih kecil dibandingkan generasi pendahulunya. Penemuan lainnya yaitu penggunaan memori inti magnetik yang berfungsi menyimpan data, sehingga lebih cepat dalam pemrosesan data, bahasa mesin juga telah digantikan dengan bahasa assembly (Fortran dan Cobol) yang memudahkan dalam pengoperasiannya. Beberapa contoh komputer pada masa ini, yaitu Stretch, LARC, DEC PDP-8, IBM 1401, IBM 7090 dan IBM 7094.

3. Komputer Generasi Ketiga (1964 - awal 80an)Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.
Era baru komunikasi komputer mulai menapakkan kakinya pada momen ini. Sebagian besar perusahaan-perusahaan besar menerapkan sistem on-line dengan menggunakan terminal jarak jauh dalam pemakaian komputer. Teknologi ini tentunya didukung oleh kinerja komputer yang semakin baik dari segi penggunaan hardware maupun software. Penemuan baru di bidang hardware dilakoni dengan munculnya IC (Integrated Circuit) dalam komponen komputer. Karena kelebihannya dalam menyatukan berbagai komponen-komponen dalam suatu chip tunggal sehingga komputer pada saat itu ukuran komputer menjadi semakin kecil tanpa menurunkan kinerja yang dihasilkan, bahkan semakin meningkatkan kinerjanya. Pada bagian software, teknik-teknik pemrograman jamak (Multi Programming) mulai dikembangkan sehingga makin menambah koleksi berbagai bahasa pemrograman yang ada. Cray-1, UNIVAC 90/30 dan IBM 360 adalah beberapa contoh komputer pada generasi ini.


4. Komputer Generasi Keempat (awal 80an - ???)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas adalah mengecilkan ukuran
sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat
ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale
Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang
berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran
komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan
komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC
dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,
memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Seiring dengan lajunya, waktu perkembangan komputer sebagai alat pemrosesan data semakin meningkat pesat, terutama pada generasi ini. Kecepatannya yang semakin bertambah berbanding terbalik dengan ukurannya yang semakin kecil, dengan didukung oleh kemampuan memori yang lebih besar. Harganya pun semakin murah karena komponennya telah diproduksi dan dijual secara missal. Pada periode ini berbagai IC disatukan menjadi satu kesatuan membentuk komponen yang disebut dengan VLSI (Very Large Scale IC). Penggunaan perangkat lunak yang semakin mudah dan berkembang mulai diterapkan pada komputer-komputer rumahan, seperti word processing dan spreadsheet. Jaringan internet pun makin luas yang dahulunya hanya dinikmati oleh kalangan elite kini sudah bisa digunakan juga oleh masyarakat awam. Penggunaan mikroprosessor kini tidak haruslagi digunakan hanya pada komputer melainkan sudah diaplikasikan pada produk-produk elektronik lainnya, seperti televisi dan microwave.
Melihat perkembangan dunia komputer yang tingkat pertumbuhannya sangat tinggi mulai dari generasi awal hingga sekarang ini, dapat prediksikan bagaimana karakteristik komputer pada generasi mendatang. Mungkin saja, komputer nantinya tidak harus terus didikte oleh manusia tetapi ia sudah dapat melakukan segala sesuatunya sendiri. Boleh dibilang kemampuannya sudah menyerupai kepandaian manusia. Kemampuan seperti itu (Kecerdasan Buatan atauArtificial Intelegence) kini aktif diteliti oleh negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat.

5. Komputer Generasi Kelima (masa depan)
di masa komputer generas kelima ini banyak kemajuan dibidang desain komputer dan teknologi semakin
memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang
terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non
Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu
mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah
teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan
apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek
komputer generasi kelima.
Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology)
juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek
ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer
generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia dan mencerminkan semakin modernnya teknologi di dunia.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
http://informasi-teknologi.com/sejarah-perkembangan-komputer.html
http://gudang-sejarah.blogspot.com/2009/01/sejarah-perkembangan-komputer.html
http://www.forumsains.com/artikel/sejarah-perkembangan-komputer/


Link Website Gunadarma:
http://www.gunadarma.ac.id/
http://baak.gunadarma.ac.id/
http://sap.gunadarma.ac.id/
http://elearning.gunadarma.ac.id/
http://studentsite.gunadarma.ac.id/login.php
http://seminar.gunadarma.ac.id/

Disusun oleh,
Nama: IRFAN SEPTIAN SAPUTRA
NPM: 23211691
Kelas: 1EB12

0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top