0

PROPOSAL PENDIRIAN USAHA PENYEWAAN BUKU

A.   
Nama : IRFAN SEPTIAN SAPUTRA
Kelas : 1EB12
NPM : 23211691

PENDAHULUAN
Dalam rangka berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, kami bermaksud mendirikan sebuah usaha penyewaan buku. Koleksi buku-buku kami berupa buku-buku pelajaran, buku cerita, buku pengetahuan umum dan kamus bahasa Indonesia dan asing. Mengingat bangsa yang besar dan maju adalah bangsa yang cerdas dan berkepribadian. Dengan menanamkan gemar membaca maka generasi akan tercipta cerdas dan unggul. Mahalnya harga buku-buku menyebabkan sebagian masyarakat yang kurang mampu mengenyampingkan buku sebagai sumber ilmu. Selain itu berdirinya usaha penyewaan buku ini kami juga ingin membantu pelajar yang tidak mampu membeli buku untuk tetap dapat belajar dan berprestasi.

B.     TUJUAN
Adapun tujuan didirikan usaha penyewaan buku ini yaitu:
a.       Ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
b.      Menanamkan gemar membaca,
c.       Membantu pelajar yang tidak mampu untuk membeli buku.

C.     KEPENGURUSAN
Struktur organisasi penanggung jawab perusahaan
Penanggung Jawab: Johan Rexy
Pelaksana Harian: Rohim Komar
Kesekretariatan: Andi Umar
Keuangan: Lia Dafia
Pengadaan Buku: Rohman
Humas dan Sponsor: Sudrajat
Peminjaman Buku: Yusuf

D.    IDENTITAS PERUSAHAAN
Nama perusahaan: Taman Bacaan “ suka baca “
Alamat perusahaan: Jalan krajan 2 Rt.02/06 Lebaksiu, Tegal

E.     TENAGA KERJA
Tenaga kerja kami terdiri dari relawan Gerakan Pencinta Buku yang berkomitmen untuk aktif berkerja dalam Taman Bacaan “ suka baca “ ini, dengan jumlah anggota 7 orang.

F.      SARANA PRASARANA
Taman bacaan “ suka baca “ menempati sebuah rumah wakaf dari Bpk. Jabidi (alm.) yang digunakan untuk kegiatan sosial Gerakan Pecinta Buku. Taman Bacaan “ suka baca “ ini dapat dikatakan sebagi tempat yang nyaman untuk belajar karena dilengkapi dengan AC, koleksi buku yang lengkap tertata rapi dalam rak-rak, ruangan yang luas dan ada kantin. Tata ruang yang kondusif dan sejuk karena dikelilingi oleh taman menambah konsentrasi dalam belajar.
Adapun fasilitas yang dapat digunakan yaitu:
a. Kartu anggota yang harus diperbarui tiap tahun.
c. Minuman gratis bagi para anggota/pelanggan.
d. Konsultasi pelajaran bagi pelajar setiap hari Sabtu (Khusus untuk Anggota)

G.    SASARAN USAHA
Sasaran dari usaha penyewaan buku Taman Bacaan “ suka baca “ ini adalah pelajar dari TK hingga SMA, dan masyarakat umum.

H.    KESIMPULAN
Demikianlah proposal pendirian usaha ini kami buat, besar harapan kami kepada Bpk/Ibu untuk dapat berpartisipasi. Kami menerima sumbangan berupa koleksi buku-buku yang masih layak pakai dan dana untuk menambah koleksi buku-buku kami. Karena sifat usaha yang kami dirikan ini untuk kepentingan sosial maka partisipasi dari masyarakat sangat kami harapkan. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.



Bogor, 25 Oktober 2010
Ketua Pelaksana


0 komentar:

Posting Komentar

Back to Top